Minggu, 23 Juni 2013

Pantai Tlocor (Wisata Bahari Tlocor)

Pulau Sarinah merupakan pulau baru hasil dari sedimentasi lumpur yang keluar dari lumpur Lapindo, di kampung Tlocor  Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon Sidoarjo. Hampir 7 tahun lumpur itu dibuang ke Sungai Porong, kini menghasilkan hamparan pulau buatan di pesisir timur Sidoarjo.Untuk memudahkan perahu merapat, di pulau itu juga didirikan dermaga.
Selama ini, Pulau Sarinah lebih sering digunakan pusat penelitian beberapa universitas dan aktivis lingkungan dengan menanam mangrove di kawasan itu. Tapi kini, Pulau Sarinah sudah mulai dikenal dan menjadi jujugan wisatawan lokal karena keindahan dari Pantai Tlocor .

Monument Tlocor Untuk mencapai kawasan wisata pantai Tlocor anda bisa langsung menuju  Dermaga Tlocor , atau dengan menempuh perjalanan 15 kilometer ke arah timur setelah melewati jembatan Porong. Setelah tiba di Dermaga Tlocor anda bisa meneruskan perjalanan dengan menyawa perahu yang telah disediakan milik warga setempat.

Dari Dermaga Tlocor, wisatawan bisa menikmati suasana sungai yang sisi kanan dan kirinya dipenuhi pohon bakau dan sejenis api-api.  Ombak yang tak seberapa besar membuat perahu cukup tenang. Jika air sedang surut, perjalanan naik perahu untuk bisa sampai ke Pulau Sarinah tak lebih dari 20 menit. Namun, jika air pasang waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama.

Di dermaga Tlocor juga memiliki areal yang sangat luas untuk parkir atau sekedar kongko-kongko, wisatawan bisa istirahat sebentar untuk sekedar menikmati pemandangan dari Pulau Dem di depan mata. Berbeda dengan Pulau Dem yang terbentuk secara alamiah selama puluhan tahun sejak zaman Hindia-Belanda, Pulau Sarinah di Tlocor ini bisa langsung ‘jadi’ dalam waktu yang sangat singkat. Hanya dalam tempo lima tahun, pulau buatan BPLS (Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo) ini sudah mencapai luas sekitar 80 hektare dengan ketinggian dua sampai tiga meter. Setiap hari luas Sarinah terus bertambah mengingat lumpur Lapindo terus dialirkan ke Sungai Porong. Jarak Pulau Sarinah dari Dermaga Tlocor hanya sekitar lima kilometer.

Memiliki pantai panjang dengan berbagai potensi yang terpendam di kabupaten Sidoarjo, mulai digarap. Panorama yang indah saat matahari terbit dengan air bening di pantai Tlocor, Kecamatan Jabon, diproyeksikan menjadi obyek yang lebih dahsyat dari Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Taman Impian Jaya Ancol.
Wisata Bahari Tlocor , itu nama yang akan di usung dari proyek pembangunan wahana wisata tersebut. BPLS  sudah membangun jaringan jalan untuk akses menuju obyek bahari itu, dan swasta mulai menyiapkan fasilitas penunjang, seperti speed boat, pembangunan hotel & resto serta berbagai warung dengan menu special ikan bakar. Pemkab Sidoarjo membuka lebar-lebar swasta yang menggarap lahan ini.

Dengan letaknya yang strategis berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan, Mojokerto menjadikan masyarakat dari tiga daerah ini akan disedot untuk mendatangi obyek ini. Jika rencana tersebut terealisasi, Wisata Bahari Telocor akan menjadi salah satu tempat wisata berskala nasional di Sidoarjo.

0 komentar:

Posting Komentar

Apakah PNPM berhasil di Kecamatan Jabon ?

Keluarga Besar PNPM Mandiri